Feb 16, 2016

Lahar Gunungapi paluemasgeolog



LAHAR GUNUNG API
Paluemasgeolog

Lahar merupakan salah satu produk hasil gunung api yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Lahar mengalir dari permukaan atas ke bawah menelusuri punggung dari gunung api yang meletus.

Masyarakat harus mengantisipasi kecapatan lahar daerah pemukiman selain harus memperhatikan pelemparan letusan gunungapi lainnya seperti yang sudah diperlihatkan pada geologi video visual dalam blog paluemasgeolog, yaitu racun gas dan awan panas, penyebaran dan pelemparan hasil letusan gunungapi kadang berlangsung cepat dan berhari-hari, sebagai contoh gambaran keganasan sumber letusan gunungapi dapat dilihat dari beberapa gunungapi Indonesia saat ini banyak mengeluarkan isi muntahan perut magma antara lain Gunung Api Bromo di Provinsi Jawa Timur mengeluarkan erupsi awan panas sejauh 1 km, Gunung Api Sinabung di Tanah Karo (Provinsi Sumatera Utara) yang masih mengeluarkan gas racun dan awan panas sejauh 2 km sehingga beberapa masyarakat di beberapa Desa harus diungsikan ke tempat yang aman dari bahaya sesuai standar protap mitigasi gunung api.

Gunung Api Lokon dan Gunungapi Soputan di Sulawesi juga masih belum mengurangi aktivitas letusan gunung api. Lahar dari beberapa gunung api tersebut masih terus menuju ke daerah terendah di kaki gunung api. Sehingga hal ini perlu menjadi perhatian masyarakat agar mengetahui, ke arah mana lintasan lahar yang akan mengering dan juga akan terjadi masalah jika hujan turun.

Dampak lahar hasil letusan gunung api jika hujan deras dampak mengakibatkan bencana banjir lahar bandang bagi lahar yang telah mengalami pengeringan menuruni lereng gunung, dapat menjebol tanggul penahan longsoran lahar pada sisi tebing dan umumnya selalu selaras dengan arah aliran sungai yang berada di sekitar gunung api.

Lahar gunung api yang membara membutuhkan waktu yang lama mengalami pendinginan, sepanjang lahar mengalir itu nampak jelas terlihat di punggung gunung api seperti api yang memanjang membara dan terlihat sangat mempesona jika kita memperhatikan dan sekaligus juga menakutkan. membayangkan bagaimana panas lahar yang mengalir itu menunjukan betapa dahsyatnya bencana gunung api.

Gambar : Lahar yang membara yang menuruni lereng gunung ke permukaan rendah
(Sumber gambar : pusatilmu.blog.com)

Langkah mengantisipasi, masyarakat ikuti protap, jauhi lokasi yang dianggap berbahaya, sebelum letusan kumpulkan dokumen penting, siapkan keluarga untuk mengunsi ke tempat aman dengan barang yang cukup. Kenali daerah yang akan dituju. Jangan melanggar aturan yang di buat agar tidak terpisah dari rombongan jika ada imbauan untuk mengunsi, bersiaplah jika ada himbaun dari aparat.

Waspadalah selalu jika berada di kawasan daerah gunung api aktif dengan mempersiapkan mitigasi ilmu dan membangun kapasitas diri untuk mengurangi jumlah kerugian harta dan jiwa.

 (Sumber video : dari berbagai sumber dan bahan sosialisasi mitigasi bencana geologi Badan Geologi)

No comments:

Post a Comment

Related Posts :