Oct 13, 2017

Ayo Wisata Ke Kawasan Danau Toba



AYO WISATA KAWASAN DANAU TOBA
Oleh : M. An-war Siregar
Ada banyak cara untuk menikmati keindahan danau Toba, baik dalam acara festival maupun dalam rangka mengisi liburan sekolah atau juga menikmati Mudik hari raya sekalian juga bertamasya untuk menikmati salah satu keindahan destinasi Unggulan Indonesia, misalnya mengikuti liburan dalam rangka Tahunan Festival Danau Toba, atau juga festival Karnaval Kemerdekaan di Danau Toba, atau even lainnya, Disini saya sertakan beberapa lokasi yang memiliki pesona keindahan danau purba yang dari berbagai literatur foto yang disunting telah mewakili berbagai objek manakjubkan dan juga telah saya kunjungi bisa dinikmati, dan kepada fotografer dan penulisnya saya ucapkan salut atas kemampuannya mengambil sudut gambar yang bagus dan indah.

Salah satu sudut foto terindah di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara.

Ayo wisata ke kawasan Danau Toba sekitar di Sumatra Utara, jangan lupa kunjungi kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Unggulan Pariwasata Indonesia, Selain merupakan danau vulkanik terdalam dan terbesar kedua di dunia setelah Victoria Lake di Afrika, Danau Toba pernah gemparkan dunia lewat ledakannya pada 75 ribu tahun silam dan menyisahkan 12 persen populasi dunia ketika dia meletus. Super Volcano Geopark menjadi julukan Danau Toba akibat kekayaan pengetahuan kegunungapiannya.
Pesona Lebaran Toba  siap menyambut Anda dengan kesan yang membekas rasa ingin kembali lagi dengan berbagai puluhan atraksi dan obyek wisata.
Selengkap berikut ini.

1. Kota Pangururan



Kota Pangururan, Kabupaten Samosir. sumber foto  © blog.ub.ac.id

Inilah ibukota Kabupaten Samosir. Kota Pangururan wajib anda kunjungi bila ingin mengetahui lebih jauh terkait sejarah dari Batak. Dari Pangururan anda dapat melangkahkan kaki menuju Aek Rangat atau lebih dikenal dengan istilah Hotspring. Selanjutnya jangan lupa berkunjung ke Pusuk Buhit yang dikenal sebagai asal muasal suku Batak.
2. Tomok
 
Tari Sigale-gale, salah satu atraksi utama di Tomok.  sumber foto © indonesia.travel

Tomok tidak hanya sebatas pelabuhan, di sini anda dapat berwisata belanja. Menikmati patung menari atau Sigale-Gale. Jangan lupa untuk berkunjung ke Batu Marhosa yang dapat ditempuh dengan memakan waktu sekitar 45 menit dari Tomok.
3. Tuktuk
Desa Siallagan, salah satu desa tradisional di Tuktuk. sumber © Analisa Daily

Tuktuk adalah pusat wisata di Kabupaten Samosir. Pada 1976, Tuktuk sangatlah ramai dikunjungi wisatawan. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan nan eksotis yang dihadirkan oleh balutan Danau Toba, belajar tentang kebudayaan Batak dan tentu saja ada yang tak boleh anda lewatkan, menyaksikan ritual di Desa Siallagan.
4. Simarjarunjung
Pemandangan Danau Toba dari Bukit Simarjarunjung. sumber foto © Hitabatak

Simarjarunjung terkenal karena pemandangan Danau Toba yang begitu memukau dapat Anda lihat secara langsung, kontur bukit barisan yang bergaris dengan tepian Danau Toba amatlah memukau. Turis domestik dan mancanegara banyak singgah di lokasi ini sebelum melanjutkan perjalanan wisata Sumatera Utara ke Samosir, Parapat, Tuktuk, Tomok, Pematang Siantar dan tempat-tempat lainnya. Simarjarunjung juga banyak dipuja oleh para fotografer .

5. Tanjung Unta

Salah satu sisi pungguk Tanjung Unta. sumber foto © Kompasiana

Tanjung Unta, merupakan sebuah nama yang diberikan oleh Wakil Presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta ketika berkunjung ke Danau Toba kala itu. Nama Tanjung Unta diberikan karena destinasi wisata ini memang seperti hewan unta yang tengah beristirahat.Sebagai tempat rekreasi, Tanjung Unta sangat cocok dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga. Memancing ikan, berperahu dan juga water ski dapat dilakukan di sini.
6. Haranggaol

Haranggaol telah lama dikenal sebagai tempat wisata alam. Kegiatan yang tak boleh dilewatkan adalah melihat peternakan ikan yang dikelola secara tradisional oleh masyarakat.


Pemancingan di Desa Haranggaol. © Berita Simalungun

7. Silalahi


Pemandangan alam di Desa Silalahi. © Pariwisata Sumut

Silalahi adalah satu marga Batak, namun jangan salah sangka, di ujung Danau Toba terdapat desa yang dinamai Desa Silalahi. Keteduhan Tao Toba yang memukau.
8. Tugu Silalahi
Kompleks Tugu Makam Raja Silahisabungan di Desa Silalahi Nabolak, Kabupaten Dairi.  sumber foto © Kompas Travel

Bagi suku Batak, adalah sebuah kebanggaan besar mendirikan tugu sebagai perlambang eksistensi. Tugu Silalahi berdiri megah di tepian Danau Toba dan Anda tentu dapat mengunjunginya. Areal tugu makam Raja Silahisabungan merupakan lokasi penting bagi desa ini. Sebuah tugu dan rumah Batak berhiaskan ukiran gorga yang anggun. Bebatuan sisa material vulkanik berukuran besar tampak berserakan di sana-sini, di antara perdu liar berbunga ungu. Pada bangunan tugu itu kita bisa menjumpai relief yang mengisahkan sepenggal riwayat sang raja.
9. Tongging
Ada cara lain lagi untuk menikmati keindahan Danau Toba, yakni dari ketinggian. Untuk mewujudkannya, Anda wajib mengunjungi Desa Tongging yang terletak di bagian utara Danau Toba. Dengan ketinggian sekitar 900 mdpl (meter di atas permukaan laut), pemandangan Danau Toba yang tersaji sangat menakjubkan. Terlebih didukung dengan terpaan angin sejuk yang cukup tenang di kawasan ini, membuat Anda bisa menikmati relaksasi yang mungin tidak dapat ditemui di tempat lain. di desa ini juga terdapat destinasi lain seperti Air Terjun Sipisopiso yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Keindahan Air Terjun Sipiso-piso di Desa Tongging. © Flickr
Pemandangan di depan mata ibarat lukisan alam terbaik yang memiliki nilai seni tinggi. Suasana alam yang sangat indah, tiupan angin, dan heningnya suasananmembuatku merasa tenang. Desa Tongging juga sangat dekat dengan Air terjun Sipiso-piso. Air terjun ini adalah salah satu yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Air terjun Sipiso-piso terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo, yang mengalir dari sebuah gua disisi kawah Danau Toba.
10. Kota Balige
Keindahan alam di pedesaan Balige. © Batak Culture
Kota Balige merupakan ibukota Kabupaten Toba Samosir. Terletak sekitar dua jam dari Parapat, kota ini tawarkan kecantikan alam dan budaya yang snagat kaya. Posisinya berada di salah satu ujung dari Danau Toba, yang tawarkan pemandangan pegunungan dan danau yang indah. Beberapa desa di Kecamatan Laguboti yang berbatasan dengan Danau Toba memiliki potensi sebagai destinasi obyek wisata alam, seperti Pantai Lumban Bulbul di Desa Lumban Bulbul maupun Pantai Lumban Silintong di Desa Lumban Silintong. Ada pula Museum Batak yang berisikan barang-barang peninggalan sejarah di tanah Batak dan makam pahhlawan nasional Sisingamangaraja XII.

10. Pulau Samosir
Jika Anda “melongok” ke tengah-tengah Danau Toba, di situlah Pulau Samosir persis berada. Ya, dengan mengunjungi pulau ini Anda bisa menikmati panorama keindahan Danau Toba dari berbagai sudut pandang yang jelas menyejukkan mata
 

Pulau Samosir yang terletak di tengah Danau Toba, Sisi lain dari bentangan Pulau Samosir sumber foto: nyobain.com
Tak perlu khawatir bingung menikmati segala keindahannya, karena di pulau ini banyak tersedia paket wisata. Semuanya tinggal pilih. Sontak Pulau Samosir jadi salah satu destinasi favorit di provinsi Sumatera Utara.
11. Parapat
Parapat sejatinya merupakan kota yang ada di sekitar kawasan Danau Toba.
Lokasi ini jadi obyek wisata karena menyajikan keindahan alamnya yang menggoda. Di sepanjang perjalanan dari Danau Toba, selain bisa menyaksikan keindahan alam kota ini, Anda juga bisa melihat ratusan monyet-monyet liar yang dibiarkan bebas berkeliaran, seakan memberikan pengalaman menyatu dengan alam secara otentik.
12. Pulau Sibandang

Pulau Sibandang adalah sebuah pulau yang berada di kecamatan Muara Tapanuli Utara.

Menariknya pulau ini sendiri dikelilingi oleh Danau Toba sehingga di pulau ini pula Anda bisa menikmati keindahan Danau Toba dari berbagai sisi. Untuk menuju pulau ini Anda bisa manfaatkan fasilitas penyewaan kapal atau perahu yang banyak disediakan oleh penduduk sekitar.
13. Bakara
Bakara merupakan salah satu wilayah yang berada di pinggiran Danau Toba yang terkenal dengan pesan keindahan alamnya. Dari tempat ini, Anda bisa meninjau keindahan Danau toba dari sisi yang berbeda
Apa lagi kalau bukan topografi tempat ini yang menyajikan pemandangan pegunungan dengan tebing-tebing tinggi yang menjulang. Bakara juga ditahbiskan jadi “surganya” pehobi memancing ikan-ikan air 
tawar.

14. Pantai Lumban Silintong Balige
Bila Anda ingin menikmati keindahan Danau Toba lainnya, coba saja kunjungi Pantai Lumban Silintong Balige, terutama di kala senja. Lumban Silitong merupakan sebuah desa yang menjadi tempat wisata yang berada di Balige Toba Samosir. Kawasan wisata ini menyajikan panorama tepian Danau Toba yang lengkap dengan deretan rumah makan dan kafe. Asyiknya, di tempat ini Anda bisa pula menikmati sejuknya air danau sambil berenang.

Salah satu keindahan yang bisa dinikmati keindahan pantai Danau Toba di di Desa Lumbang Silington Balige (sumber foto : blog.airyrooms.com)

15. Pusuk Buhit
Pusuk Buhit merupakan deretan bukit yang ada di Pulau Samosir. Di tempat ini kamu bisa melihat panorama alam serta air terjun alami yang cukup membuat pengalaman liburan Anda tak terlupakan.
Tempat ini bisa dicapai dengan transportasi bus yang biasanya disediakan oleh pengelola tempat wisata. Tapi tunggu dulu, untuk mencapai puncak bukitnya dibutuhkan sedikit kemampuan hiking, karena Anda diharuskan untuk berjalan kaki sekitar 500 meter.
sumber: blog.airyrooms.com
(Sumber : tulisan dari berbagai sumber dan blog)

No comments:

Post a Comment

Related Posts :