Feb 11, 2016

Geologi Video Visual : Gas Racun


Gas Racun Gunung Api 

Gunungapi Di Indonesia memiliki Karakteristik letusan yang sangat tinggi. Gas Racun dan Awan Panas salah satu bahaya hasil letusan gunungapi yang harus diwaspadai masyarakat disekitar gunung api. Masyarakat harus memahami struktur tata ruang bencana yang telah dipetakan dan harus mematuhi aturan zonasi dan protap yang telah dibuat oleh para ahli geologi dan masyarakat wajib mengetahui kondisi lingkungan geologi tempat tinggal mereka beraktivitas.
Saat ini, beberapa gunungapi di Indonesia masih aktif bererupsi, dan bagian dari dinamika gerak lempeng bumi yang belum seimbang dan selalu ada pergerakan dan pemekaran lantai samudera. di Sulawesi Utara ada gunungapi Soputan, dan Maluku Utara ada gunungapi Gamalama dan Sumatera Utara terdapat gunung api Sinabung yang masih terus mengeluarkan awan panas, dan gas beracun yang membahayakan manusia dan lingkungan.
Untuk itu Masyarakat wajib mengetahui bahaya-bahaya yang disebabakan oleh dampak erupsi gunung api dengan memperhatikan peta Kawasan Resiko Bencana Gunung api. gas racun gunung api dapat menyebar cepat dan mudah terhirup bersama udara.
Di bawah  Peta Sebaran Gunungapi di Indonesia
gambar : Peta Sebaran Gunungapi Aktif di Indonesia

Bertindaklah dengan cepat dan menjauhlah sesuai dengan aturan protap jika terjadi letusan gunung api. dan bersikaplah waspada.
(Sumber gambar dan video : Dari berbagai sumber dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi RI).

No comments:

Post a Comment

Related Posts :