Jul 21, 2016

One Billion Indonesia Tress (OBIT)/Tanam Pohon Semilyar


OBIT UNTUK KELESTARIAN BUMI
Oleh : M. Anwar Siregar
OBIT untuk kelestarian lingkungan bumi, merupakan bagian gerakan nyata penanaman pohon secara serentak ini dan bertujuan antara lain sebagai upaya konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon untuk mencegah dampak perubahan iklim serta mendukung ketahanan pangan dan energi untuk kesejahteraan masyarakat.
Gagasan mendukung OBIT, yang digagas oleh pemerintah Indonesia sangat penting, sebab dengan OBIT makan banyak efek positif bukan untuk masyarakat saja, tetapi bisa juga untuk faktor ekonomi, kelestarian lingkungan, kelestarian pangan dan kelestarian lapisan ozon serta kelestarian sumber daya energi yang berbasis ekologi.
OBIT ENERGI
Sementara itu ruang-ruang bagi permukiman, kegiatan serta mobilitas manusia juga memerlukan pengaturan tersendiri. Bila tidak, maka berbagai kebutuhan pemukiman, kegiatan energi serta mobilitas manusia dapat bertumpang tindih dengan kebutuhan ruang-ruang konservasi serta ruang-ruang budidaya.
Khususnya dalam pembangunan berbasis ekologi OBIT untuk Konservasi energi dari penanaman pohon semilyar sangat penting untuk ketahanan energi, memerlukan ruang yang sudah kritis dapat dimanfaatkan dengan metode rehabilitasi, misalnya dalam pemanfaatan penanaman pohon jarak untuk penggunaan energi Nabati, penanaman pohon kelapa untuk pengembangan energi dari hasil sisa kopra yang lalu di daur ulang menjadi energi Biofuel Nabati.
Penting penanaman berbagai jenis pohon yang dapat di daur ulang menjadi energi, dapat mengurangi beban panas di lapisan ozon, mengurangi suhu pemanasan laut di negara-negara tropis seperti Indonesia, Banglandes dan India, pengurangan panas global dapat mengendalikan lost generation dan eskalasi invasi ke lahan hijau suatu tata ruang perkotaan, sekaligus juga mengendalikan pemukiman kumut dan pengendalian berbagai jenis penyakit.
OBIT sangat penting dalam pembangunan ketahanan pangan energi dan papan terutama dalam ketersediannya, yang terlihat dari pemanfaatan untuk pembangunan pangan dan papan di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, OBIT akan menempatkan Indonesia sub polar ketahanan perubahan iklim global dan pengendalian emisi CO2 dunia.
OBIT EKONOMI
Penanaman pohon akan memberikan imbas bagi peningkatan ekonomi, sebab dengan banyaknya penanaman pohon akan memberikan dorongan kuat bagi petani dalam pengadaan bibit-bibit pohon untuk membentuk dan membangun ekonomi hijau. Ekonomi hijau yaitu rehabilitasi lingkungan, mengurangi erosi serta adanya sistim cover cross yang berfungsi untuk memperbaiki kondisi tanah sebelun ditanam tumbuhan.
Pembangunan Ekonomi hijau yang berbasis OBIT dapat memberikan efek positif bagi keberlangsungan pembangunan lingkungan hidup di Indonesia, yang semakin terasa manfaatnya dengan adanya perhatian yang besar sejak era pemerintahan SBY, dengan menempatkan Indonesia berdagang karbon dengan pemerintah Norwegia yang di mulai dilaksanakan tahun 2011. Indonesia akan mendapatkan keuntungan financial, sebab pemerintah Norwegia akan memberikan bantuan dana sekitar satu miliar dolar Amerika Serikat (AS) untuk pelestarian hutan di Indonesia sebagai bagian implementasi konsep REDD ± (Reducing Emissions from Deforestation and Degradation).
Dengan metode OBIT, dapat mengubah perilaku kita dalam memandang lingkungan, merubah paradigma kita yang memandang hutan terutama hasil hutan yaitu pohon. yang tidak dihancurkan dan ditebang begitu saja tetapi dapat meningkatkan kualitas lingkungan melalui penanaman pohon semilyar untuk mencegah kerusakan lingkungan yang berbasis ekonomi hijau, Dan juga bagian yang terkait dalam pengentasan kemiskinan, yaitu memberikan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan
Dengan komitmen membangun ekonomi hijau yang berbasis OBIT, merupakan filosofit dan gerakan untuk mengurangi resiko kerusakan lingkungan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan kesetaraan sosial, masyarakat telah memberikan keteladanan dalam memberikan warisan lingkungan bagi generasi mendatang yang lebih cerah bagi kehidupan di bumi Indonesia.
OBIT LINGKUNGAN
Bahwa pengurangan kawasan hutan sebagai akibat dari pertumbuhan penduduk dan pengembangan investasi adalah sebuah keniscayaan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengendalian secara ketat melalui sistim OBIT. Agar kawasan hutan di Indonesia tetap berkonstribusi sebagai paru-paru dunia, maka yang dapat dilakukan antara lain perbaikan kualitas tutupan kawasan hutan dan tutupan di luar kawasan hutan yang antara lain telah ditempuh melalui program penanaman satu milyar pohon yang telah kita kenal bersama.
Pohon merupakan bagian dari kelestarian alam, pohon merupakan ekologi pengendali pencemaran udara dari jenis energi yang menghasilkan emisi, ada beberapa pohon yang berdaya produksi oksigen tinggi dan berdaya serap CO2 yaitu pohon gelondongan, nangka, sawo, jambu bol, mangga dan rambutan.
Sebagai fakta untuk mengetahui mengapa penanaman pohon penting bagi kehidupan manusia di bumi yaitu : Pohon menghasilkan pekerjaan dan memberi konstribusi untuk bahan baku bangunan, surat kabar, buku dan lebih dari 15.000 produk hutan lainnya., tiga pohon yang ditanam di tempat yang tepat di sekitar bangunan dapat menghemat biaya AC sampai 50 persen. Pohon meningkatkan nilai properti. Dengan penanaman pohon sebanyak 20.000.000 pohon, akan tersedia oksigen bagi bumi dan penduduknya. Pohon sebanyak itu akan menghapus 10 juta ton CO2. Dalam satu masa hidupnya, pohon besar bisa menyerap 1 ton karbon dioksida. Pohon dapat juga diperbaharui, dapat terurai secara biologi dan dapat di daur ulang. Kayu bisa diolah lebih lanjut menjadi produk seperti vitamin, plastik, film fotografi, pasta gigi dan obat-obatan.
Untuk itu diperlukan komitmen masyarakat, pemerintah daerah dan kalangan industri swasta dan pemerintah pusat sebagai komponen penting dalam mewujudkan ekonomi dan lingkungan hijau asri, berkaitan juga dengan menekan penggunaan energi konvensional untuk pengendalian perubahan iklim, meredam dan pengurangan emisi, ketahanan lapisan ozon, dan keberlangsungan rantai kehidupan serta kelestarian ekosistim yang terkait dengan persoalan daya dukung lingkungan hidup di daerah rawan bencana yang membutuhkan perencanaan lingkungan hijau dan kawasan industri yang membutuhkan keserasian tanpa ada persoalan degradasi lingkungan.
Gambar : Menanam Pohon semilyar, untuk kelestarian bumi (sumber gambar : Internet dan berbagai sumber)
OBIT, AWET BUMI
OBIT  identik dengan gerakan menanam satu milyar pohon atau One Billion Indonesia Tress (OBIT) , ada bermacam cara untuk menjaga kelestarian bumi dengan beberapa point yang sudah disebutkan diatas.
Dalam konteks menyelamatkan dan melestarikan bumi, Indonesia sebagai negara yang kaya sumber keanakeragaman hayati atau megabiodiversity ditantang untuk memberikan kesehatan yang prima bagi keawetan bumi dengan menempatkan keanekaragaman hayatinya secara berkesinambungan sebagai sumber pangan, energi, bahan baku yang akan menjadi modal pembangunan.
Pola lainnya untuk menjaga keawetan bumi antara lain menekan pemborosan energi, sehingga Indonesia tidak perlu lagi mengimpor bahan baku energi, menekan pembangunan fisik yang berbentuk horizontal agar tidak menekan daerah hijau, mengkampanyekan kepada setiap individu untuk selalu berkendaraan hemat energi yang berbasis energi hijau dan transportasi massa yang berbasis energi alternatif.
Dengan Pola pembangunan yang menggunakan basis OBIT, kita telah turut memberikan sumbangan yang sangat berharga begi kehidupan di bumi.
M. Anwar Siregar
Enviromen Geologist. Pemerhati Masalah Tata Ruang Lingkungan dan Energi Geosfer
Tulisan ini sudah dipublikasi di HARIAN ANALISA MEDAN, 06 JULI 2016
http://harian.analisadaily.com/lingkungan/news/obit-untuk-kelestarian-bumi/248044/2016/07/03

No comments:

Post a Comment

Related Posts :