Jul 11, 2016

Sepak Pojok Gibol 25 : Akhir Begadang Euro, Boss!!



SORRY BOSS, AKHIR BEGADANG TADI MALAM
Oleh M. Anwar Siregar

Perhelatan Copa America 2016 telah selesai tanggal 27 Juni lalu, kini tadi malam atau dini hari waktu Indonesia Barat baru saja selesai dan berbagai kejutan mewarnai selama event berlangsung dan kejutan paling terbesar adalah tersingkirnya Jerman di semifinal karena penyandang gelar Juara Dunia dan adalah Juara Baru itu adalah pemenang Duel Portugal vs Prancis. Dan untuk kesekian kali Portugal berhasil mematahkan mitos kegagalan pahit dengan hadirnya sang legenda yang diciptakan dan  dilahirkan menjadi seorang pemain bertalenta tinggi namun untuk mengantar mereka menikamti gelar pertama kali. Sikuda hitam Portugal harus merelakan kekalahan bagi Prancis di final dalam ajang Euro 2016.
Final EURO 2016 sama juga Final Copa America yang berlangsung pada jam masuk kerja di Indonesia, sehingga dipastikan banyak yang terlambat masuk kantor. Dan pagi ini saya banyak melihat para pekerja itu seenaknya merasa tidak bersalah. Terlambat masuk kantor padahal hari pertama itu mereka sudah dihadang para masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, perizinan, perpanjangan rujukan sakit, perpanjangan rujukan lainnya, permohonan izin dan pengawasan serta monitoring bagi pengawasan lapangan serta pengenalan pendidikan bagi murid Sekolah Dasar yang pertama di hari pertama sekolah serta pelayanan perizinan dan pengawasan fisik sarana dan prasarana.
BENTURAN WAKTU
Benturan waktu antara keinginan untuk memuaskan rasa dahaga untuk menyaksikan tim favorit mereka juara tidak bisa di tolak, apalagi jika mereka ini adalah pencandu gila bola, maka wajib hukumannya untuk menonton dan tidak peduli apakah timnya yang bermain atau bukan.
Waktu untuk pertandingan final bagi masyarakat Indonesia memang seringkali mengalami dilematis karena sering waktu dini hari dan juga sering kali pertandingan itu sangat melelahkan sehingga butuh waktu jeda untuk kesehatan tubuh terutama mata yang susah diajak bercanda lebih lama lagi, maka satu-satunya jalan adalah tidur sejenak namun keterusan hingga terjaga kalau waktu jam masuk kerja telah lewat, dan terdengarlah beberapa kata yang sering terlontar dari mereka;
” Sorry, Boss!!! Begadang tadi malam, jadi agak kesiangan masuk!!! seru seorang rekan penulis yang mendengar celotehan itu, apa reaksi si boss?
”Ya.. lanjutkan sekarang pekerjaaanmu jika ada”
atau ”Kenapa terlambat kau, kamu pikir ini main-main, bedakan dong dengan otakmu kalau masuk kerja tepat waktu,”
Ada juga tergesa-gesa memburu pengisian daftar absen kehadiran, namun ketahuan juga ketika dibaca dan dipanggil nama satu-satu tidak ada yang bersangkutan, dan ketahuan ada yang titip tanda tangan bagi cara penggunaan absen tanda tangan, beda dengan tanda tangan sidik jari, ini paling susah titip-titip, dan terdengarlah nada keras dari salah seorang boss di seberang kantor penulis ”lagi kenapa terlambat? Mau apa kau absen dan sudah kau lihat itu jam berapa hah!!!? terdengar suara agak keras membuat saya termangut karena dapat ide untuk menutup akhir tulisan tentang Begadang Pesta Euro 2016.
Dan terdengar juga suara kalimat atasan lainnya namun nadanya lebih pelan namun menakutkan bagi bawahannya walau si boss itu tidak berwajah garang terhadap bawahannya : ”terlambat lagi kau... untuk apa masuk? gak ada gunanya kau absen sidik jari mu itu baahhh!!”
”Ya..kenapa terlambat? Begadang ya tadi malam, lihat saya juga begadang seperti kamu namun masih sempat pagi datang” teriak seorang mengagetkan saya karena di samping kantor masih ada kantor lagi. Dan saya tahu itu dianya kalau selesai berkhotbah pasti tidur diruang kerjanya, itu pasti.
Bagaimana dengan saya? Kalem, tenang para anggotaku, tenang saja, nanti kalian tanggung sendiri saja, karena bukan boss ini yang memberikan sanksi, tetapi big boss yang menguasai daerah ini dan itulah gambaran singkat hari pertama masuk kerja setelah liburan panjang hari raya muslim.
Banyak ngatuk, banyak mau cepat pulang setelah saling maaf memaafkan.... lalu ngacir ke rumah untuk tidur, untuk alasan masih ada urusan silaturrahmi dan masih ada urusan keluarga yang belum di kunjungi dan beribu macam alasan lainnnya.
Tinggallah saya sendiri bengong di kantor karena tidak ada kawan berdiskusi, semua ngacir dengan acara masing-masing, karena keluarga saya tidak tinggal bersama saya di daerah tempat saya bertugas. Jadilah saya menulis judul tersebut diatas.
Sorry boss, akhir begadang Euro dan sampai ketemu lagi boss pada ajang begadang berikutnya pada perhelatan Pesta Gila Bola Dunia di Rusia 2018. Bersiap jaga stamina dan begadang...boleh saja begadang.. begadang boleh saja tapi ingat kesehatan. sampai jumpa lagi... sampai jumpa kita di Rusia yang terkenal dengan beruang putihnya dan semoga saya masih bertemu lagi...Gila Bola.. ole, oleee gol, goooooooolllllllllllllll Rusia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts :