Nov 10, 2015

Sumber Daya Diri

TAJUK PALUEMASGEOLOG 1


DIRI, TATA RUANG DAN LINGKUNGAN SERTA SUMBER DAYA

Bencana terus mengancam dan silih berganti bagaikan arisan ibu-ibu, datang tanpa permisi dan pergi tanpa permisi, lalu ditinggalkannya berbagai kerusakan, korban dan kepedihan yang mendalam.

Kita harus merenungkan untuk mempersiap kapasitas mental dalam mengevaluasi segala yang telah diperbuat, DIRI, TATA RUANG DAN LINGKUNGAN SERTA SUMBER DAYA, ada batas daya dukung.

Revolusi mental yang digemakan Joko Widodo, PRESIDEN RI, pantas untuk direnungkan dan diimplementasikan dalam kehidupan dan berkarya, karena bangsa ini seharusnya tidak mundur kebelakang dalam mengejar ketertinggalannya dalam berbagai bidang pembangunan fisik, manusia dan ruang tempat kita tinggal.

Diri, perlu direnungkan, apa yang sudah diperbuat dalam mengendalikan bencana kabut asap yang sering hadir setiap tahun? Pertumbuhan Ekonomi yang tidak selaras dengan bencana yang hadir menghantui generasi penerus... merosotkon kualitas sumber daya manusia dan sumber daya alam atau lingkungan...

Tata ruang, begitu mudahnya kita menghancurkan apa yang telah disusun, dipetakan dan diundangkan namun masih juga menghasilkan musibah bencana lingkungan, lihatlah banjir mulai hadir datang menerjang ke pemukiman yang dianggap aman dari kiriman banjir dapat hadir tanpa permisi, banjir terjadi karena keegoisan dalam mengejar investasi ekonomi tanpa mempersiapkan perisai investasi seperti menghancurkan daerah ruang hijau terbuka, taman-taman berubah menjadi lokasi pemukiman berbeton indah namun dapat menghasilkan maut karena ketidakadan ruang bernapas bagi tanah dan pohon.

Sumber daya, alam/mineral dan dapat kita lihat terus mengalami penghancuran dengan keuntungan hanya dapat dinikmati oleh segelintir orang dan hanya menimbulkan banyak nestapa bagi negeri ini karena sumber daya kekayaan alam banyak lari ke luar negeri dampak kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyatnya sendiri.

Sudah saat kita bangkit dan berdaulat atas segala sumber daya kekayaan bangsa ini, kita begitu susah mendapatkan kemerdekaan sekarang malah terjajah kembali akibat kebijakan yang lebih banyak menguntungkan pihak luar. Bangsa Indonesia harus berani dan tegar menghadapi serangan kapitalisme demi kesejahteraan rakyat.


paluemasgeolog, menyuarakan aspirasi rakyat Indonesia...dan dunia untuk hidup damai


No comments:

Post a Comment

Related Posts :