Jun 11, 2016

Sepak Pojok Gibol 1

MARI BEGADANG EURO-COPA AMERICA
Oleh M. Anwar Siregar

Setelah empat tahun menunggu, kini pesta bola sejagat Eropa yang merupakan pertandingan sepakbola di Benua Biru itu hanya kalah dari pertandingan bola world Cup FIFA, perhelatan euro 2016 akan dilaksanakan di Prancis dengan bayangan ancaman teror bom dari terorisme ISIS, EURO sekarang di ikuti 32 tim tangguh yang lolos dari kualifikasi yang keras dan semua tim telah mempersiapkan diri dan bersiap menyuguhkan pertandingan hiburan sepakbola dengan teknik yang tinggi dan tentunya akan menghasilkan gol-gol yang berkualitas dunia dan akan disaksikana oleh para penggemar bola dunia sekitar 1 milyar jiwa lebih.
Kali ini giliran Prancis di tunjuk sebagai tuan rumah, saat ini mengalami berbagai tekanan ancaman dari perusuh teroris. Perhelatan EURO 2016 saat berbeda dengan kegiatan perhelatan yang lalu, disudut kota Paris sebagai ibukota Prancis tak banyak ditemukan kafe-kefe yang mengadakan nonton bareng, hal ini untuk menghindari ancaman teror bom di tengah keramaian, selain itu juga tingkat keamanan super ketat. Hal ini bisa dimaklumi karena sebelum kegiatan berlangsung, Prancis dirundung duka akibat ledakan bom maut.
Apapun ceritanya,  EURO harus berlangsung dan harus menyajikan kualitas pertandingan yang tidak akan dilupakan para penggila bola di seluruh dunia, tidak menurunkan semangat para tim yang sudah lolos, dan anggap saja teror itu sebagai bagian penguat mental, dan akhir kata kita ucapkan selamat datang para peserta EURO 2016 dan tim Portugal adalah tim yang terakhir tiba di Prancis.
SIAPKAH AYAM JANTAN
Kita harus menyemangati tim-tim favorit yang berlaga dan selamat berjuang dengan bertanding penuh sportivitas, jauhkan dari sikap racis, radikalisme dan jadikan sepakbola sebagai penghibur, penghilang stress disaat dunia penuh ancaman global, perubahan iklim, pemanasan global, kelaparan, bencana alam geologi dan ancaman perang fisik dengan teknologi nuklir yang mematikan. Jadikan sepakbola adalah jembatan persahabatan dan perdamaian.
Selamat datang ke negeri Tim Ayam Jantan, Les Blues, Pangeran Biru, Julukan Tim Prancis, apakah bisa menjadi tuan rumah yang baik dengan menjaga para tamunya di negeri mereka? Apakah bisa menampilkan tim tangguh untuk menjadi juara ke dua kali di rumah sendiri seperti yang mereka lakukan ketika menjadi tuan rumah piala dunia 1998 dengan mengalahkan tim favorit Brasil dengan Ronaldo da Lima yang menjadi tumpuan timnya? ataukah Prancis angkat koper karena tidak memasukan Benzema untuk bermain di depannya publiknya agar bisa mengikuti jejak seniornya yang juga pelatihnya di Real Madrid, Zinedine Zidane?
Euro 2016 akankah menghasilkan para juara baru lagi? Akankah Si Panser Jerman yang selama uji coba lebih banyak menelan pil pahit kekalahan? Ataukah Inggris yang menjadi pertama lolos ke EURO 2016? Ataukah Portugal dengan CR7 menjadi kampiun? Ataukah kembali Spanyol juara kedua kali? Ataukah kembali ke Jerman bisa memecahkan rekor Spanyol sebagai Juara Dunia dan sekaligus Juara EURO 2016?
Siapakah yang terbaik? Atau adakah pilihan lainnya? Misalnya Belgia atau Rusia, juga Polandia dan Italia? Atau pilihan Anda?
Siapapun yang terbaik, mari kita saksikan melalui teknologi visual, untuk Indonesia melalui salah satu TV swasta Nasional, bersiaplah secara fisk karena pertandingan sepak bola EURO 2016 bersamaan dengan perhelatan Piala Copa America Centanario yang berlangsung di Amerika Serikat, yang gaungnya sedikit teredam oleh gemuruh euforia EURO 2016 di Perancis.
Selamat bertanding dan selamat begadang bagi para penggila bola termasuk saya yang harus mengubah beberapa jadwal kesibukan kerja tanpa harus meninggalkannya.
MARI BEGADANG
“Jam 12.00 tengah malam sudah harus datang kalau tidak ingin tempat kita diambil orang lain”, begitu sms masuk ke HP penulis. Ya, terpaksa penulis menyanggupi karena juga mesti mempersiapkan tulisan ini, Jam 02.00 dinihari waktu indonesia barat adalah waktu jam-jam tidur pulas, tetapi bagi para penggila bola, apalagi bagi mereka datang nonton bareng (Nobar) di kafe-kafe di kota anda hal itu bukanlah penghalang bagi mereka untuk cabut dari rumah, nobar tak kalah hiruk pikuknya dibandingkan dengan pertandingan langsung dari dalam stadion.
Dengan teknologi canggih saat ini, pertandingan bola dalam stadion bisa dipindahkan dalam layar kaca ataupun dengan lap top, smarhphone maupun table canggih yang mampu menghadirkan teknologi layar hiburan seperti pertandingan sepakbola, bedanya kita tidak merasakan langsung atmosfir suasana stadion secara langsung.
Jadwal EURO tahun 2016 sama dengan jadwal EURO 2012 di Poland dan Ukraina bagi Indonesia, karena waktu Indonesia sudah malam, jadinya kita harus begadang, menahan kantuk, kadang ada yang terpaksa tertidur, terbangun-bangun jika ada mendadak teriakan gol.
Jam tengah malam hari menjelang pagi adalah merupakan santapan bagi penggila bola, EURO dilanjut pagi hari Copa America hingga menjelang siang, maka terbayanglah beberapa pekerja akan bolos masuk kerja, terlambat, ngatuk dan kinerja menurun dan kadang dapat teguran dari atasan.
Bagi masyarakat muslim di Indonesia dan belahan dunia lainnya, keduanya terjadi di bulan Ramadhan, tentu harus pandai mengatur siasat agar masih sempat mengikuti ibadah tarawih, dan dilanjutkan istirahat cukup untuk menanti pertandingan menjelang dinihari dan lanjutkan sahur dan nonton Copa America pagi hingga siang hari.
Maka tidak mengherankan jika jadwal pertandingan Euro akan ada gangguan kecil bagi urusan rumah tangga dan pekerjaan, para penggila bola ini akan terus begadang hingga lupa urusan pekerjaan, rumah tangga, urusan suami istri karena jadwal tidur berubah.
Begadang boleh saja, asal tahu kemampuan fisik, dari EURO tengah malam ke Copa America pagi hingga siang hari harus ada waktu jeda untuk kesehatan, COPA America sudah di mulai tanggal 4 Juni 2016 dengan berbagai kejutan, maka para penggila bola juga harus hati-hati menghadapi kejutan dari pasangan yang tidak mendapat perhatian, konon ada berita dulu sampai terjadi perceraian hanya si suami begitu mesra dengan urusan bola, dan ada juga sampai putus cinta hanya karena si Doi lebih suka kumpul dengan para orang gila bola dan membuat dirinya tidak semangat lagi untuk mengikuti tuntas pertandingan itu walau jagoannya juara.
EURO-COPA AMERICA
Copa America sudah digelar lebih dulu, dan hasilnya sudah terjadi kejutan, Uruguay dengan pelatih besar mulut menganggap Uruguay masih bisa juara dengan mengalahkan dua lawan sisa berikutnya setelah dihajar Meksiko, namun yang terjadi terbalik, telah pil kekalahan kedua dan gigi kelinci merasakan kecewa luar biasa karena dianggap kemarin sore oleh pelatih mulut besar (penulis menyebutnya begitu karena seperti menganggap remeh lawannya, yang notabenenya belum ada tradisi juara).
Copa Amerika kini lebih menjangkau semua negara di Benua Amerika dan adalah Meksiko serta tuan rumah USA telah memberikan warna pertandingan semakin menarik, dengan hadirnya negara kecil yang mampu melejit ke delapan besar hingga tulisan ini ditulis, penuh intrik kartu merah dengan permainan cepat dan keras, karakter tim benua America dengan talenta yang tidak diragukan lagi banyak bermain di klub Eropa.
Akankah EURO dapat menghadirikan tim-tim undor dog untuk lolos fase berikutnya? Malam dinihari tadi kita sudah melihat tuan rumah berduel, dan hasilnya belum ada kejutan. Prancis menang 2 : 1 atas Rumania. Mungkin dihari berikutnya? Mari kita saksikan dan mari begadang EURO-COPA AMERICA 2016.
Tunggu tulisan berikutnya.



No comments:

Post a Comment

Related Posts :