Jun 15, 2016

Sepak Pojok Gibol 4



COPA AMERICA-EURO 2016, SIAPA ANDA SUKA
Oleh M. Anwar Siregar

Perhelatan pesta Copa America dan Euro kini masih berlangsung, berbagai kejutan terjadi, terbangan kartu merah nyaris mendominasi setiap pertandingan sepakbola Copa America hingga tulisan ini dibuat (15-6).
Dua pertandingan dalam waktu yang hampir sama, dengan kualitas yang sangat yahud, dan bagi para gila bola itu adalah kenikmatan yang tiada tara, dia akan selalu memimpikan Timnya harus menang dan menang, lantas bagaimana kalau kalah? Kita sudah pasti tahu, bagaimana rasanya cinta kita ( ini kata akan mengisi judul pojok gibol selanjutnya) kepada tim yang kalah seperti juga kemenangan, akan ada dua sisi yang berbeda gembira, menangis, sedih, bahagia, marah senang, kesal euforia, dan lain-lain semuanya menunjukkan sebuah gambaran watak manusia.
COPA AMERICA
Anda kenal Messi? Anda kenal Kun Aguero? Anda kenal saya, eh salah maksudnya Javier Hernandez? atau Di Maria, Luis Zuare, Edison Cavani, atau penyerang tajam arsenal yang namanya siapa ya? Atau Kapten Tim juara EPL Leiscester City, atau pelatih yang mantan juara dunia di tim USA.
Mereka semua yang disebutkan maupun tidak adalah gambaran bagaimana berkualitasnya Copa America itu, terlihat dengan pola serang dan bertahan yang sama bagusnya, tidak ada Tim peserta yang bertumpu dengan bertahan total, semua nyaris menyerang untuk mengejar kredit kemenangan, karekter tipikal Tim Amerika adalah menyerang, dan menyerang, apalagi jika tim tertinggal maka yang ada harus menyerang dan gol hanya menunggu waktu dengan sejumlah pelanggaran yang berakhir dengan kartu merah.
Kartu merah sudah bermunculan sejak pertandingan Uruguay dengan Meksiko, pertandingan dengan lebih dua kartu kuning sudah keluar dari saku pengadil sejak pertandingan pertama antara Amerika Serikat dengan Haiti. Begitu juga pertandingan menjurus kasar sudah dimulai dari pertandingan antara Chili dengan Argentina dan Uruguay dengan Meksiko.
Keunikan Copa America adalah terletak dengan aplaus masyarakat USA, semua tahu, negeri Donal Trump ini adalah fanatik sama olahraga football ala America, namun sejak pertama kali menyelenggarakan piala dunia yang lalu pada tahun 1994 dengan Brazil tampil gemilang lewat adu penalti atas Italia, sejak itu sepakbola di Amerika Serikat semakin terkenal, apalagi Tim Putri Amerika Serikat terkenal tangguh dan berulangkali juara dunia putri.
Kehebatan Copa America yang diadakan di negeri Barack Obama ini adalah stadionnya yang sangat menarik, indah, luas dan tertata rapi dengan ruang hijau terbukanya, penataan transportasi dan lingkungan sungguh membuat saya kagum sebagai seorang geologi dan enviroment, mendambakan Indonesia mampu menyelenggarakan kejuaraan sekelas Copa America, kita memang pernah menyelenggarakan Piala Asia, namun sedikit semrawut dan tim gagal total ke final.
Membandingkan memang keterlaluan, namun anggap itu sebagai motivasi untuk bangkitkan kejayaan sepakbola tanah air setelah lepas dari pembekuan oleh FIFA.
Sampai tulisan ini dibuat, dudah dua tim unggulan sudah angkat koper, yaitu Uruguay dengan pelatih yang besar mulut, untuk melihat prediksi tim yang sudah lolos ke babak 8 Copa Amerika lihat pada tulisan selanjutnya hari senin serta Brazil yang mengalami degradasi permaianan sejak era kegagalan Piala Dunia 2014 di Rio De Janeiro dengan kekalahan telak dari tim panser Jerman 7-0.
Yang pasti Copa America sangat cocok disaksikan bagi mereka yang sedang liburan sekolah untuk mengisi waktu puasa, terutama bagi penggemar sepakbola dan pemain anak sekolah yang masuk tim sekolah sepakbola.
EURO PRANCIS 2016
Bagaimana dengan Euro di Prancis dengan bayangan ancaman teror? Hari kedua setelah pertandingan pertama antara Prancis lawan Rumania, pertandingan cukup menarik dengan serang dipegang kendali oleh Prancis, dengan gambaran awal pertama pertandingan Euro ini, maka dipastikan akan ada pertandingan sengit akan berlangsung.
Dan terbukti Wales mampu mencatat sejarah keikutsertaan mereka dengan mencatat kemenangan pertama dengan menaklukan Slovakia, kemenangan dengan gol indah dari Gareth Bale, Pemain Real Madrid ini mampu melakukan penafsiran tendangan jarak jauh langsung ke gawang lawan.
Tidak kalah menariknya dengan Copa Amerika yang telah membawa pulang dua tim tangguh langganan turnamen yaitu Tim Samba Brazil dan tim Uruguay yang dipermalukan oleh tim under dog (akan jadi bagian tulisan selanjutnya pada gibol 6) seperti Haiti dan Vanezuela. Dalam laga Euro ini, sudah ditingkahi oleh tindakan bruntal antara pendukung Rusia dan Inggris (sabar ya menunggu tentang tulisan ini, Gibol 5). Perang dilapangan dilanjutkan di luar lapangan, namun jauh Hari kedua negara sudah terjadi “perang” dalam politik.
Jerman telah mencatat kemenangan yang mengagumkan dengan perubahan strategis jitu pada babak kedua dengan teknik operan bola-bola pendek mirip teki taka dalam permainan Barcalona era pelatih Pep Guardiola yang kini hijrah ke Manhester City, Pep Guardiola sempat melatih Bayern Munich, jadi tidak mengherankan karena beberapa pemain mereka adalah tim inti si Bavaria, serang balik yang mematikan dengan asist dari Mesut Ozil yang diselesaikan dengan mantap oleh Bastian S, sehingga Jerman tidak terkejar karena masuk tambahan waktu beberapa detik lagi habis.
Faktor time injury salah satu yang sangat menarik dalam laga Euro, beberapa Tim membutuhkan tambahan waktu baru bisa mencetak akhir kemenangan seperti di lakukan juara bertahan Spanyol, serang dan bertahan sama menariknya diperagakan oleh Rep. Czeko, hanya dewi fortuna tidak bersama mereka.
Begitu juga dalam pertandingan Prancis vs Rumania dan Polandia kontra Irlandia, namun dari semua itu, yang membuat Euro semakin menarik di saksikan adalah euforia tim tamu dan kesibukan Prancis meladeni semuanya dalam bentrok pendukung.
Euro memang belum menghadirkan tim unggulan tumbang, namun waktu akan memberikan kejutan seperti dialami Brazil, yang pasti permainan yang disuguhkan hingga tulisan ini dibuat adalah bermain serang dan counter attack yang cepat dengan teknik individu yang mengagumkan.
Kita menunggu hasil pertandingan di grup neraka, dan semoga ada kejutan yang terjadi, apakah Italia akan cepat pulang atau sebaliknya berjaya, grup neraka adalah grup yang ditempati Italia, Swedia, Belgia dan Rep Irlandia. Kekuatan di grup ini merata. Siapa yang lolos diantara mereka silahkan begadang, mari begadang nobar di kafe favorit anda atau di rumah juga boleh. Asal tidak mengganggu waktu tidur dan kerja karena urusan bisa menjadi menakutkan.
Sabar, tunggu tulisan selanjutnya di pojok gila bola (gibol) di blog ini. Ayo rajin buka dan baca blog palu emas geolog ini.


No comments:

Post a Comment

Related Posts :