Jun 30, 2016

Sepak Pojok Gibol 17 : Prediksi Semifinal Euro



TEBAK EURO PREDIKSI TIM SEMIFINAL
Oleh M. Anwar Siregar

Sudah 8 Tim lolos ke delapan besar kompetisi Piala Eropa / EURO 2016, yang kesemuanya berhasil lolos setelah mengikuti babak Perdelapan final. Dengan dua diantaranya sempat dianggap kuda hitam, kini berjuang untuk lolos ke semifinal, yaitu Wales dan Polandia.
MATADOR PULANG KAMPUNG
Perih mata memerah karena gagal ke fase berikutnya seperti itu juga mata seekor banteng jika melihat warna merah, merah dapat diidentik adalah peringatan tanda bahaya bagi Spayol karena pada pertandingan terakhir grup mereka kalah dari Kroasia yang kemudian menjadi juara grup. Kegagalan Matador sudah mulai nampak sebenarnya pada pertandingan melawan Kroasia.
Adalah Italia membuat mereka angkat koper, Italia adalah tim yang mulai bangkit lagi dari kekalahan terakhir penyisihan, kedua tim sebenarnya adalah tim yang kalah pada pertandingan terakhir dan hanya keberuntungan menyertai negeri mode itu melaju ke delapan besar. Kemenangan ini juga membalaskan kekalahan mereka pada final Euro 2012 di Polandia Ukraina, kemenangan ini terasa sangat berbeda bagi punggawa Italia, karena mereka membuat sang juara tidak lagi berlanjut membuat sejarah yang lebih hebat lagi. Kegagalan Spanyol dan kemenangan Italia adalah cerita yang tidak akan habis untuk dibahas.
TEBAK 4 BESAR
Prediksi pada gibol edisi 14 ternyata hampir 100 persen, hanya Inggris yang gagal lolos ke delapan besar dan sisanya tim lolos yang penulis prediksi berhasil ke delapan besar, Semua tim penulis unggulkan mampu mencetak kemenangan waktu normal kecuali Portugal membutuhkan waktu tambahan begitu juga Polandia harus ada adu penalti, selebihnya adalah tim calon juara dengan mental yang bermain sangat bagus dengan jebolan gol cukup banyak dan menghibur para penonton.
Kira-kira tim mana yang lolos ke semifinal? Sebelum membahas itu kita perlu melihat data atau statistik permainan mereka, beberapa Tim yang lolos ke delapan besar adalah tim kini mendekati klimaks, salah satu adalah Tim Wales, menurut pendapat saya Wales sudah mulai terbaca kelemahannya, gol kemenangan Wales melalui gol bunuh diri hasil sepakan dipojok oleh Gareth Bale, selebihnya gol yang menuju tendangan langsung ke gawang sangat sedikit dan selalu mengandalkan serangan pada satu dua individu, selain itu umumnya gol lebih banyak dari luar kotak penalti dan jelas ini akan membuat seorang kiper selanjutnya lawan Wales akan lebih siap mengantisipasi tendangan jarak jauh maupun sundulan bola jarak jauh dan bola muntahan, jarang kemenangan tim ini didapat dari kekacauan di depan gawang.
Belgia adalah Tim yang mampu mengoleksi kemenangan besar selama tiga pertandingan berturut-turut, adalah lawan Wales di 8 Besar pasti punya cara khusus untuk meredam sensasi Wales yang terus bikin kejutan dalam keikutsertaan mereka di ajang Euro 2016, Belgia memiliki pemain sangat merata dan skill juga diatas rata-rata dan memiliki kemampuan untuk merusak pertahanan lawan dan mencetak gol baik di dalam kemelut di depan gawang maupun dari kotak areal penalti.
Prancis adalah tuan rumah, punya peluang lolos bukan karena kehebatan tim, tetapi lawan juga sedang menuju antiklimaks, lawan mereka adalah Islandia, yang secara mengejutkan mampu bikin kejutan dengan mengalahkan Inggris yang saya prediksikan lolos ke delapan besar, namun karena pengaruh Brexit, Ingris keluar dari Uni Eropa, apakah ini mempengaruhi permainan Inggris? Rasanya tidak, nampak gejala kekalahan Inggris sudah terlihat ketika dibabak penyisihan grup hampir kalah dari Wales, kemenangan Inggris berbau offside. Inggris sebenarnya lebih cocok terhenti di babak penyisihan sesuai dengan prediksi untuk tebak Euro pada tulisan gibol edisi 3. Namun yang lolos Inggris dan Wales.
Sekarang Islandia membawa pulang mereka, lantas kenapa saya mengunggulkan Inggris? Sebenarnya adalah masukan dari kawan, bahwa Inggris akan semakin baik permainan jika terus melaju, namun sejarah berulang lagi, Inggris sering lebih cepat pulang tanpa merasakan indahnya juara. Dan Islandia, negeri kecil yang sering bercuaca dingin berselimutkan Es itu tampil penuh improvisasi permainan, dan seorang pelatih Roy Hodgson sepertinya kehilangan akal untuk mendongkrak permainan timnya, harusnya dia membangku cadangkan saja Rooney Wayne yang baru diganti pada 5 menit jelang full time. Pemain ini seperti sudah lewat masa jayanya.
Prancis mampu mengatasi Islandia, jika tidak maka semua tim kuda hitam akan membahayakan semua tim mantan para juara. Tim kuda hitam adalah Wales vs Belgia, Polandia akan berhadapan dengan Portugal, Islandia vs Prancis kecuali Jerman vs Italia.
Jika kuda hitam lolos maka akan berhadapan satu tim mantan juara. Jadi siapa yang lolos dari sergapan tim kuda hitam di 8 besar? Prediksi saya adalah Portugal, semua tahu tim ini susah dikalahkan, tercermin dari jejak mereka di penyisihan grup tidak pernah kalah, dan berlanjut fase 16 besar membutuhkan perpanjangan waktu untuk mencetak kemenangan pertama. Andaikan dalam grup ada 5 tim maka anggap saja tim yang dikalahkan Portugal dalam 16 besar itu sama saja Portugal tidak bisa dikalahkan karena akan berakhir seri tetapi juga tidak meraih kemenangan karena belum masuk fase gugur. Dari gambaran ini kita tahu, kalau ada perpanjangan waktu maka Portugal akan mendapatkan selalu  keberuntungannya. Jadi saya pilih Portugal lolos ke semifinal bukan seorang idola Ronaldo, tetapi sebentar lagi dia akan mengikuti jejak frustasi Lionel Messi. Jadi sudah ada gambaran satu tim gagal ke final, jika dia tidak merubah karakter mentalnya.
Bagaimana dengan Jerman vs Italia? Final kecil kedua berlanjut, setelah Italia membawa pulang Matador, sekarang Jermankah yang giliran membawa pulang Italia? Terus jika lolos akan ada final kecil ketiga lagi sebelum final Euro 2016 yang sebenarnya. Berarti sudah ada gambaran kedua tim mungkin lolos final.
LANGKAH PREDIKSI
Langkah-langkah prediksi Gibol Blog Palu Emas Geolog, tercatat mulai dari tulisan gibol edisi 3 sebagai berikut :
Pada tulisan gibol edisi 3 tertulis data saya sebagai berikut ”Mari prediksi siapa tim yang lolos ke 16 besar Euro, tiap grup. Prediksi saya adalah Prancis, Swiss Grup A, Wales, Rusia di grup B, Jerman dan Polandia di grup C, Kroasia dan Spanyol di grup D, Swedia dan Italia di grup E, Portugal dan Austria di grup F.
Sekanjutnya tim mana yang akan lolos ke 8 besar, disini saya tidak berpedoman tim yang saling berhadapan, saya melihat langsung saja nama tim, namun tetap juga menggunakan diagram alur penyisihan.
Edisi gibol 14 juga mencatat hasi prediksi hampir 100 persen jitu, hanya satu tim yang tidak lolos ke delapan besar dan diprediksi tim yang lolos ke 8 besar ada 7 tim.
Tulisan edisi gibol 14 tertulis “Di bawah ini tim yang lolos ke delapan besar menurut prediksi saya Prancis, Jerman, Inggris, Italia, Belgia, Wales, Polandia dan Portugal (ditulis tgl 24-06)” Hanya Inggris yang tidak lolos diganti oleh Islandia.
Jadi pada edisi gibol 17 ini, perkiraan tim yang lolos adalah Portugal, Belgia, Jerman, Prancis. Terus siapa yang lolos ke final, maka baca edisi selanjutnya.
Hasil prediksi bukan harga mati, jangan dijadikan pedoman. Buat prediksi sendiri, biar tidak mencari kambing hitam.
Bagaimana berikut tulisan ini di pojok gila bola (gibol) di blog ini selanjutnya? Tunggu saja beritanya.


No comments:

Post a Comment

Related Posts :