Jun 21, 2016

Sepak Pojok Gibol 10 : Aku Orang Gila Bola



SEBUT AKU ORANG GILA BOLA
Oleh M. Anwar Siregar
 Gaduh perhelatan UEFA EURO 2016 kini mulai riuh dengan ditahannya pendukung Inggiris, dan mulai memanasnya pertandingan antar tim dengan mulai munculnya calon tim yang bisa pulang kampung lebih cepat.
Pertandingan bola kadang membuat kita lupa pada urusan lainnya, pulang begadang lantas yang terpikirkan tidur sepuasnya dan baru sadar kalau si Bini marah-marah mengingatkan jika jam kerja sudah menjelang siang. dan kadang mereka yang gila bola itu menganggap sepele dan berakhir gaduh dalam rumah tangga dan begitu juga bagi pasangan yang masih lajang, ancaman pemutusan hubungan kekasih (PHK) menunggu di ujung bibir.
ORANG GILA BOLA
Karakter orang gila bola sangat mudah diketahui, yang biasanya mudah dikenal melalui kebiasaan jika nonton bareng maupun sendiri di rumah, akan mudah melihatnya, menganggap dirinya paling pintar jika seorang pemain gagal menembak ke gawang, akan tanpa wajah mereka seperti marah atau mau mengamuk.
Ada juga ekspresi mereka bertingkah seperti anak-anak yang dapat permen, lompat kegirangan. Ya, begitu juga jika sebuah gol tercipta maka mereka lupa diri kalau mereka orang dewasa lompat-lompat, berpelukan dan foto selfie tanpa peduli orang lain, apalagi jika mendapat sorotan maka semakin ramailah tingkat mereka.
Bila kalah, maka tingkat mereka semakin gila melebihi orang gila, seperti sudah kurang waras, apa saja bisa diamuk dan menimbulkan kerusuhan, sedih marah dan merusak fasilitas stadion. Dan jika tidak bisa menerima kekalahan maka dampak psikologis mereka semakin ganas, maka stadion dan kendaraan serta pihak lawan hingga pihak keamanan akan dilawan sebagai pelampiasan rasa kecewa yang sangat memuncak. Dan gambaran itu dapat dilihat pada akhir kejuaraan.
Lain juga tingkat seorang pelatih, kegirangan luarbiasa padahal umum sudah diatas kepala enam, lupa kalau tubuh mereka itu riskan mengalami hal vital namun  kegembiraan itu melebihi kegembiraan seorang kanak-kanak, coba anda perhatikan para pelatih itu jika timnya mengalami kemenangan atau mampu menciptakan gol-gol, lari-lari, lompat-lompat berpelukan kalau perlu dia juga seperti mau ke lapangan untuk memeluk para pemainnya dan kadang menciumnya seperti yang dilakukan oleh Diego Maradona, Juergen Klinsmann dan beberapa pelatih lainnya.
Tingkah laku seorang pecandu bola ada juga bertingkah laku tidak etis, mencoret wajah dengan aneka warna, ada juga bertingkah laku dengan mencoret badan dengan tanpa berpakaian selama pertandingan dan orang seperti ini adalah orang gila bola tingkat akut dan banyak ditemukan dalam stadion dan mudah memancing kerusuhan apalagi jika dibumbuinya dengan pola tingkah minum dengan alkohol walau kadar ringan namun tetap saja dapat mengundang gejolak untuk memanasi situasi dalam dan luar stadion.
Ingat beberapa tingkat laku para perusuh adalah orang gila bola yang kadang selalu overdosis dalam mendukung timnas negaranya ataupun klub kebanggaannya, salah satu faktor pemicu kerusuhan. Boleh saja orang gila bola tapi pakailah atribut yang sopan dengan tata kramat yang santun, nikmati pertandingan bola dengan penuh kegembiraan dengan menjaga toleransi dengan tim lawan, karena mereka manusia juga yang mudah tersinggung apalagi beban psikologis jika tim mengalami kegagalan, bersikap santun dengan mengajak mereka ikut bergembira serta menghibur mereka, dengan begitu bisa orang gila bola yang humanis.
JIKA ALKOHOL BERBICARA
Apa hubungan dengan alkohol dengan sebutan orang gila bola, alkohol dapat mempengaruhi syarat otak yang sensitif dan merangsang hilangnya keseimbangan atau kesadaran jika melebihi overdosis jika di minum, dan kadang alkohol dapat membahayakan bagi penggunanya yang dibawah umur. Namun jangankan dibawah umur, orang dewasa pun kadang kehilangan kontrol diri sehingga menimbulkan ketegangan yang berakhir dengan keributan.
Minum alkohol dan minuman keras lainnya serta benda yang dapat membahayakan keselamatan sebaiknya tidak diedarkan ditoko-toko yang berdekatan dengan stadion dan harus ketat jika ada pembelian dan tanya untuk apa mereka membeli? Agar pihak keamanan dapat mencegah lebih dini tindakan yang tidak diinginkan. Selain itu, ada juga yang dapat menyebabkan rusaknya keindahan permainan olahraga sepakbola di bumi ini yaitu membawa flare dan sinar ultra violet, karena keduanya bukan barang yang memikat permainan melainkan sebaliknya, sangat mengganggu ketenangan turnamen, dan perlu diingat juga kalau kita sudah jauh-jauh datang dari sebuah negara ke negara penyelenggara hanya untuk menyaksikan pertandingan bola kaki. Untuk itu mari kita patuhi aturan yang telah ditetapkan panitia agar kita puas walau tim kalah dan terlebih jika tim menang dan juara dan itu adalah sebuah keindahan yang tidak sia-sia menghabiskan dana yang tidak sedikit.
Sayang sekali, menjelang habisnya masa penyisikan grup Euro ini, banyak tingkah laku yang sangat mengerikan, bukan saja suporter Rusia dan Inggris yang membuat gaduh, ada juga pendukung Kroasia yang melemper flare dan pendukung lainnya mulai gerah dengan situasi tersebut, ini sudah sangat mengganggu yang ingin menikmati pertandingan dalam suasana riuh bersahabat, melebur dan bertingkah lucu yang menghibur.
ERA WANITA NONTON
Orang gila bola umumnya di dominasi remaja di atas 15 tahun hingga kakek-kakek dan nenek-nenek yang kadang tingkahnya bisa berubah menjadi lucu jika ada pekikan gol- gol dan adalah pembawa kegembiraan dan kesedihan dengan kontraproduktif tingkah laku anak manusia yang tampak jelas berbeda, mengingatkan pada masa kecil.
Pada era sepakbola memasuki  era tahun 1990 ke sekarang, dulu semasa era dibawah yahun 1990-an jarang kita melihat wanita nonton langsung ke lapangan stadion karena risih mendapat ciutan menggoda dari kaum pria dan merupakan tontonan sangat langka pada masa itu, namun setelah melewati era itu kini kita sering menyaksikan para kaum gadis-gadis dan opung-opung nonton langsung dan hebatnya mereka tidak kalah tingkah lakunya dan merupakan pemandangan yang menyegarkan selama pertandingan, apalgi jika dilihat itu para friend girl pemain bola yang rata-rata memiliki kecantikan seorang model dan para ratu kecantikan, menambah freshnya pertandingan bola dan lebih lucu dan unik lagi mereka tidak segan untuk mengolesi warna-warna di wajah cantik mereka sesuai tim favorit mereka, dan tingkah laku juga ada seperti kaum pria, berjingkrak penuh semangat untuk memberikan aplaus kepada tim kesayangannya.
Memang di era dulu, hanya segelintir saja mereka menyaksikan pertandingan langsung, namun sejak adanya turnamen khusus wanita, maka sejak itu secara global stadion mulai diserbu oleh kaum hawa ini. Wanita menurut saya adalah bagian yang dinamis dalam pertandingan bola, mereka adalah keseimbangan untuk menjaga agar turnamen itu sangat menarik dan menghasilkan sugesti bagi tim negaranya dan jika anda percaya, terserah. namun marilah begadang lagi untuk melihat tingkah laku para gila bola ini dan amati bagaimana pola mereka itu, dan memang pantaslah disebut gila dalam arti positif, buka gila sebenarnya, hanya meluapkan euforia kebahagiaan.
Jadi, jauhkanlah masalah agar kenikmatan prestasi dapat kita nonton dengan aplaus.
Dan mari baca selanjutnya sepak pojok gila bola pada edisi berikutnya.



No comments:

Post a Comment

Related Posts :