Jun 15, 2016

Sepak Pojok Gibol 3


TEBAK JUARA COPA AMERICA-EURO 2016
                                                     Oleh M. Anwar Siregar

Perhelatan pesta Copa America Centenario dan Euro kini masih berlangsung, berbagai kejutan terjadi, terbangan kartu merah nyaris mendominasi setiap pertandingan sepakbola Copa America hingga tulisan ini dibuat (14-6).
Apakah anda sering membaca harian surat kabar? Pasti salah satu diantara anda ada yang gemar mengikuti kuis tebak juara Euro, sejak sebelum dimulai, beberapa surat kabar di Medan sudah memasang iklan kuis di harian mereka, salah satu yang paling populer adalah Tebak Juara Euro, bedanya. tidak semua surat kabar mau menyediakan hadiah untuk tebak juara Copa America. Hampir semua surat kabar besar di Indonesia menyediakan halaman mereka untuk iklan kuis tebak juara, tebak skore, siapa top skore, hasil skore final, dengan waktu yang diberikan sebelum menjelang pertandingan berikut sekitar 2 jam sudah di kumpul dikotak pengundian.
Antara Copa America dan Euro, ada sedikit perbedaannya yaitu terletak dari euforianya, jumlah penggemarnya dan jumlah publikasi dari berbagai surat kabar lokal dan Ibukota, dan tentu saja letak penyediaan kuis pertandingannya. Terlihat dari gambaran beberapa surat kabar hanya sedikit mengulas tentang pertandingan Copa America termasuk surat kabar lokal dari Medan dan Sumatera Utara.
PREDIKSI TIM
Mari prediksi siapa tim yang lolos ke 16 besar Euro, tiap grup. Prediksi saya adalah Prancis, Swiss Grup A, Wales, Rusia di grup B, Jerman dan Polandia di grup C, Kroasia dan Spanyol di grup D, Swedia dan Italia di grup E, Portugal dan Hongaria di grup F.
Ini hanya prediksi, jangan dijadikan pedoman, saya bukan seorang peramal. Hanya mengetahui dari permainan dan kualitas tim serta tradisi pengalaman mengikuti turnamen sebesar Euro dan Piala Dunia serta kualitas liga yang diikuti oleh sejumlah pemain dalam suatu tim.
Untuk Tim Copa Amerika, yang lolos ke fase berikut perempat final dan seterusnya dapat dilihat dari hasil sebagai berikut : Uruguay (gagal), makanya ditulisan gibol 2 saya tulis judul mulut besar sipelatih bola Uruguay, dan Meksiko, yang lolos Peru di grup B, di grup A Kolombia dan AS, di grup C Brazil namun gagal, tidak ada karakter permaianan samba, hanya tim ayam sayur saja yang bisa dikalahkan, dan Vanezuela, yang lolos, dan sebagai pendamping nya adalah Ekuador, terus di grup D, sesuai data saya adalah Argentina dan Chili.
Terus yang lolos ke semifinal adalah Argentina, Kolombia, Meksiko dan Peru. Siapa juara, silahkan tebak sendiri.
TEBAK JUARA
Data analis saya untuk menjago juara Euro, adalah Jerman sebagai juara dunia, punya ambisi untuk juara Euro 2016, mereka punya motivasi kuat untuk menyamai prestasi Spanyol. Juara Dunia dan juara Euro dan baru spanyol yang mampu melakukannya.
Spanyol adalah negara peserta Euro 2016 ini melakukan rangkap juara dan mampu dilakukan dua kali dan hebatnya negeri matador ini menguasai sepakbola dunia setelah juara Euro 2008 lalu juara dunia 2010 selanjutnya juara Euro 2012, tradisi itulah yang akan mau disamai Tim Jerman.
Tim berikut yang berpeluang Juara adalah Prancis sebagai tuan rumah UEFA Euro 2016 yang mempunyai ambisi merasakan juara lagi, saat ini Pangeran Biru sudah melakukan start dengan baik dengan mencatat kemenangan tipis atas Rumania. Prancis belum lagi merasakan juara sejak era piala dunia tahun 1998 di negeri mereka sendiri.dan perlu diingat ambisis seorang yang bernama Didier Deschamp untuk merasakan juara Euro setelah merasakan juara dunia ketika sebagai pemain.
Urutan selanjutnya adalah Italia, tim ini sudah merasakan juara Dunia dan juara Euro, walaupun memiliki start buruk menjelang perhelatan Euro, Italia patuh iperhitungkan karena mereka adalah tim sangat berpengalaman dalam menghadapi turnamen besar dan menjadikan motivasi besar sekaligus mengembalikan kepercayaan pendukung mereka akibat kegagalan pada Piala Dunia 2014 lalu di Brazil, Italia pulang lebih cepat dan menjadi bulanan media massa di negara mereka. Italia harus diperhitungkan karena memiliki pertahanan yang kuat dan susah dibongkar lawan, di buktikan pada kejuaran Euro 2012 dan piala Dunia 2006 di Jerman. Italia saat ini harus menjadi kekuatan yang menakutkan.
Tim berikutnya adalah Portugal, salah satu mega bintang mereka dalam kondisi fit untuk siap membawa Portugal sebagai kampiun, selain itu Portugal memiliki beberapa pemain yang haus gol.
Tim terakhir adalah tim yang selama ini dianggap kemarin sore alias under dog yaitu Kroatia. negara pecahan Balkan Yugoslavia memiliki pemain bertalenta tinggi dan banyak pemain inti di berapa kub liga Eropa dan mereka berambisi lebih baik di bandingkan Yugoslavia.
Ini hanyalah prediksi, jangan dijadikan pedoman. Semua bisa saja terjadi kejutan, apalagi beberapa tim unggulan sudah akan bertemu di babak fase gugur perdelapan final.
Selanjutnya tunggu berita tulisan ini di pojok gila bola (gibol) di blog ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts :