Jun 25, 2016

Sepak Pojok Gibol 14 : 8 Besar Euro



TEBAK EURO PREDIKSI TIM LOLOS DELAPAN BESAR
Oleh M. Anwar Siregar

Total 24 tim nasional yang akan mengikuti turnamen utama di benua eropa tersebut dalam ajang kompetisi Piala Eropa / EURO 2016, yang kesemuanya berhasil lolos setelah mengikuti babak kualifikasi terlebih dahulu bersaing dengan 53 negara di Eropa. Hingga pada akhirnya berhasil lolos total ada 24 tim (negara), dan untuk ajang kompetisi piala eropa (euro) 2016 telah dilakukan undian dengan membagi menjadi 6 grup (Grup A, B, C, D, E, F) yang masing-masing terdapat 4 timnas.
FASE GUGUR
Perhelatan Copa Amerika 2016 telah memasuki babak Final dengan tampilnya dua Tim yang sama pada partai final 2015, Ulangan final Copa America Centenario 2016, banyak menjagokan Argentina sebagai juara, hal ini dapat dimaklumi karena tim Argentina sangat solid di segala lini, mereka punya segalanya, dan tidak salah beberapa penggemar bola menyebut tim Argentina yang berlaga pada Copa America Centenario adalah tim terbaik dan tim super, karena berkumpul hampir semua pemain terbaik, mulai dari kiper, gelandang bertahan dan serang, playmaker, striker haus gol dan pemain tengah yang bertalenta tinggi, memiliki pemain bertahan yang berkarakter pekerja keras.
Dan terlihat gawang Argentina sangat sedikit kebobolan dan juga memiliki agregat gol termasuk tim tersubur, dan menempatkan beberapa pemainnya ke dalam daftar top skor sementara bersaing dengan Vargas, pemain andalan Chili yang telah mencetak 5 gol hingga tulisan ini dibuat tgl 23-06.
Hanya sebuah keajaiban yang membuat Argentina dapat ditumbangkan ulang oleh Tim Chili yang sebagai Juara bertahan, Chili lolos ke final dengan mengalahkan Kolombia, pertandingan antara Kolombia vs Chili sempat tertunda akibat hujan deras namun tidak bisa dimanfaatkan Kolombia untuk mengatur segalanya. Dan membuktikan Chili adalah lawan sepadan bagi Argentina dan kesempatan baik bagi Argentina dan Chili saling membalas kekalahan mereka, baik pada ajang Copa America 2015 di Chili dengan kekalahan Argentina dan Kemenangan juara pertama kali bagi Chli sebagai raja Copa America 2015 dan membalas kekalahan Chili atas Argentina pada babak penyisihan grup sehingga pertandingan ini dipastikan penuh dendam masing-masing tim.
Bagaimana dengan Fase gugur 16 besar Euro, pada tulisan ini dibahas juga edisi prediksi tim yang lolos ke 8 besar. Pada tulisan Gibol 3, tercatat 12 tim yang penulis prediksi untuk lolos ke 16 besar, tambahan 4 tim sengaja penulis tidak masuk karena penulis lebih memusatkan pada tim yang juara dan runner up grup dibandingkan peringkat tiga terbaik tiap grup.
Semua tim sudah menyelesaikan partai penyisihan grup dan untuk selanjut memasuki perdelapan final yang dimulai tanggal 25 Juni 2016. Tim mana yang akan lolos dari fase gugur ini dapatdilihat dibawah ini, dan diingatkan ini hanya diprediksi dan jangan menjadi pedoman harga mati. Ini hanyalah pandangan penulis sebelum menentukan jagoaan penulis untuk difavoritkan jadi juara EURO 2016
TEBAK 8 BESAR
Prediksi pada gibol edisi 3, hanya tiga tim penulis yang tidak berhasil lolos ke 16 besar, diluar dugaan tim Rusia di percepat pulang dengan mengalami dua kekalahan pahit, dan kalah bersaing dengan pendatang baru Tim Wales yang mengantarkan mereka masuk kotak dan sesuai prediksi saya Wales lolos ke 16 Besar sebagai predikat Juara Grup sedangkan Inggris tetap mempertahankan tradisi sebagai raja sepakbola Inggris Raya karena mampu mengatasi Wales..
Tim kedua yang gagal dalam prediksi saya adalah Swedia, Swedia saya gadangkan untuk lolos karena seorang Ibrahimovic, yang haus gol, namun dalam turnamen ini tidak bisa membantu Swedia untuk lebih lagi berpartisipasi, jangankan peringakt 2 yang dapat dipegang, peringkat 3 terbaik antar grup Swedia juga gagal dan lebih mengejutkan yang lolos justrunya Rep Irlandia yang pada pertandingan terakhir grup mampu mengalahkan Italia dengan angka tipis 1 : 0, pendamping Italia di grup ini adalah Belgia sebagai perikat 2 pada laga terakhir membawa pulang cepat Swedia.
Tim ke tiga yang gagal selanjut ke 16 besar adalah Austria, sepak terjang Austria selama babak penyisihan itu membuat saya tertarik memasuki tim ini lolos ke 16 besar, namun dalam lomba sebenarnya Austria seperti tidak menunjukan jati perang yang sebenarnya, kalah tipis atau mungkin keberuntungan dari tiga peserta lainnya. Digrup Austria yang lolos adalah Hungaria, Portugal dan Islandia yang secara mengejutkan mampu meraih dua kemenangan dan tampil juara grup.
Pada tulisan gibol edisi 3 tertulis data saya sebagai berikut ”Mari prediksi siapa tim yang lolos ke 16 besar Euro, tiap grup. Prediksi saya adalah Prancis, Swiss Grup A, Wales, Rusia di grup B, Jerman dan Polandia di grup C, Kroasia dan Spanyol di grup D, Swedia dan Italia di grup E, Portugal dan Austria di grup F.
Maka 16 Tim yang sudah lolos ke 16 antara lain Prancis, Swiss, Irlandia Utara, Inggris, Wales, Slovakia, Jerman, Polandia, Kroasia, Spanyol, Italia, Belgia, Rep. Irlandia, Hungaria, Islandia dan Portugal. Sekanjutnya tim mana yang akan lolos ke 8 besar, disini saya tidak berpedoman tim yang saling berhadapan, saya melihat langsung saja nama tim, namun tetap juga menggunakan diagram alur penyisihan.
Kedelapan tim yang lolos akan sudah pasti tim yang kuat dan diantara tim yang lolos 16 besar sudah pasti ada tim unggulan saling berhadapan seperti antara juara bertahan Spanyol berhadapan dengan Italia yang salah tim tidak diunggulkan namun nama besar Italia itu yang membuat siapapun pastikan tetap menjagokannya.
Begitu juga antara Inggris vs Islandia, Tim Inggris memiliki nama besar pemainnya sehingga salah satu Tim termasuk tim favorit penggemar gila bola, Inggris di unggulkan karena prestasi penyisihan kualifikasi dan berlanjut ke penyisihan final grup dengan dua kemenangan, prestasi yang lebih baik dibandingkan dari sebelumnya di EURO 2012.
Yang menjadi pusat perhatian penulis dan mungkin penggemar gibol adalah Isladia, tim under dog ini tampil luar biasa dengan merebut posisi terbaik grup, ulangan prestasi yang mereka buat pada penyisihan kualifikasi Euro dan mengantarkan terus melejit, apakah Islandia mampu mengalahkan Inggris yang memiliki sejumlah bintang?
Bagaimana dengan Prancis? Langkah Prancis sepertinya masih mudah karena lawan adalah peringkat tiga terbaik grup yaitu Rep. Irlandia, namun hal ini mungkin saja bisa menjadi batu sandungan untuk Prancis selanjutnya, karena tim yang lolos adalah tim under dog, dan Jerman sudah merasakan ganasnya permainan mereka.
Partai seru lainnya adalah antara Swiss vs Polandia, kedua tim ini sangat merata, namun pembeda pada diri seorang Lewandoski, dia lah harus dimatikan karena termasuk salah satu striker yang sangat ditakuti tim-tim eropa dan klub-klub liga Jerman dan Eropa. Siapa yang lolos, pusing menyebut salah satunya. Karena kedua tim memiliki permainan yang penuh semangat, dan tidak mengherankan kita menikmati tontonan seru. Pilihan saya adalah mungkin tim yang membuat sejarah bagi prestasi mereka.
Di bawah ini tim yang lolos ke delapan besar menurut prediksi saya Prancis, Jerman, Inggris, Italia, Belgia, Wales, Polandia dan Portugal (ditulis tgl 24-06)
Hasil prediksi ini bukan harga mati, jangan dijadikan pedoman. Buat prediksi sendiri.
Bagaimana berikut tulisan ini di pojok gila bola (gibol) di blog ini selanjutnya? Baca selanjutnya tulisan berikutnya.


No comments:

Post a Comment

Related Posts :