Jun 23, 2016

Sepak Pojok Gibol 12 : Pemain Hebat



SIAPA PEMAIN YANG TERHEBAT
Oleh M. Anwar Siregar

Diantara pemain sepak bola dunia yang pernah lahir atau masih hidup sekarang siapakah sebenarnya yang terhebat? Susah sekali menjawab pertanyaan ini karena masing masing mempunyai selera untuk memilih siapa yang terhebat sepanjang masa. Pemain yang ada sekarang agak melempeng dibandingkan para seniornya karena mereka bukan saja jago secara individu namun juga mampun membawa tim nasional sebagai kampiun juara dibandingkan hanya juara antara klub dunia.
Beberapa pilihan untuk memilih para jawara individu terbaik sepakbola saat ini banyak bertebaran mulai dari penghargaan sepatu emas untuk pencetak gol terbanyak dalam kompetisi liga, dan piala dunia dan piala eropa, piala asia, piala afrika dan piala concafat dan untuk ballon de or sebagai pemain terbaik dunia, namun belum satupun pemain pernah mengantar Negara juara dalam suatu bergengsi dunia seperti Piala Dunia.
Tragisnya, banyak pemain yang dianggap lebih hebat di bandingkan pemain masa lalu diera tahun 80-an merasa lebih baik dianggap baik oleh para pecinta bola di era sekarang. Padahal pemain yang difavoritkan itu belum maksimal bagi negaranya, banyak terlihat pada diri seorang pemain yang bernama Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar dan Luiz Suare dan beberapa pemain yang pernah merenggut sebagai pemain terbaik dunia.
Beda sekali dengan pemain tersubur dalam suatu kompetisi klub mampu sebagai pemain tersubur dalam satu kompetisi kejuaraan antar Negara seperti Piala Eropa dan Piala Dunia, dia mampu merebut semuanya, tidak terpilih sebagai terbaik itu jika dilihat sebagai pemain hanya karena dia bukan pemain tersubur pada kompetisi liga terbaik dunia seperti Ronaldo, apalagi Messi dan orang-orang menyebutnya dialah yang terbaik sepanjang masa dalam satu dasawarsa rasanya banyak tidak adil.
MEREKA BUKAN TERBAIK
Apalagi pemain itu terus terpilih hanya sebuah klub tetapi tidak pernah merasakan bagaimana hebatnya dia berkompetisi di tampat lain, kita akan susah mengetahui kehebatanya, dan hanya sedikit pemain yang bisa membuktikan kualitas itu, sebagai pencetak gol terbaik di berbagai kompetisi Negara berbeda dan terlihat pada diri seorang Ibrahimovic dan Luis Suarez maupun kompetisi sebagai pemain terkuat dalam margin tertinggi tingkat kesulitan pada kompetisi liga terdapat diri seorang CR7.
Lantas bagaimana dengan Lionel Messi, orang menyebut sebagai pemain terhebat di muka bumi? Memimpin Argentina hanya di Copa America ini tapi belum lengkap dengan piala dunia, sudah seabrek pemain terbaik namun untuk tingkat skor pencetak gol terbanyak di berbagai klub lain belum teruji begitu juga untuk Copa America dan Piala Dunia belum pernah sebagai Top Skor hingga tulisan ini dibuat 22-06.
Saya tidaj percaya Lionel Messi permai terhebat di muka bumi, dia memang pemain hebat dalam mengejar sebagai pemain tersubur dalam liga Spanyol dan Liga Champions Eropa namun untuk tingkatan berbagai klub ada yang lebih baik dibanding dia seperti telah dikemukankan diatas.
Hanya segelintir pemain yang bisa memadukan keduanya baik kompetisi local, regional dan dunia, dia adalah Pele, Maradona, terus diantara mereka siapa yang terbaik, jika mengurut dengan prestasi yang di raih selama sebagai pemain maka saya pilih Pele, lalu Maradona, jika dipilih sebagai pemain merangkap pelatih namun tidak menghasilkan juara maka Maradona, namun jika pilihan itu mantan pemain yang meraih juara dunia dan sebagai pelatih yang melatih timnas negaranya maka sedikit pemain tercatat seperti ini yaitu Frank Bekkebaur, si kaisar milik Panser itu sudah membuatnya di tahun 1990 menang atas seorang Maradona ketika masih sebagai pemain.
Jadi, pemain yang digadang-gadang sebagai pemain terbaik sepanjang masa seperti Lionel Messi sebaik di “simpan” saja. Untuk menjadi terbaik adalah pemain itu pernah juara antar klub, juara liga local, juara tersubur dalam kompetisi berulang di Negara lain dan pada satu satu tempat yang sama, juara regional dan juara dunia dan mampu mencetak lebih dari seribu gol sepanjang karier sebagai pemain serta berkompetisi di berbagai liga Negara lain dengan top skor dan mengantar klub juar dunia dan juara lokal.
Gambaran prestasi seperti ini belum bisa dilakukan oleh seorang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, dua pesepakbola yang digadang sebagai terbaik dunia saat ini dalam 20 dasawarsa dan Lionel Messi menurut Maradona adalah titisannya sebagai pemain terbaik sepanjang masa, menurut saya bukan terbaik pemain sepanjang masa dan banyak kecap. Lionel Messi jika ingin disebut terbaik adalah antarkan Argentina juara dunia dan juara Copa America dalam dua tahun ini yaitu piala dunia 2018 di Rusia dan Juara Copa Amerika Centenario Tahun 2016 serta kalau bisa jadilah Top Skor Copa, Piala Dunia dan liga kompetisi di klub Negara lainnya.
DATA GAMBARAN
Thomas Muller sudah membuktikan sebagai Top Skor Liga Jerman, namun belum di luar klub Jerman, Top Skor Piala Dunia dan Eropa, Mengantarkan Jerman juara Dunia. Juara Liga Klub Eropa dan Dunia sudah diukir sebagai prestasi terbaik, belum juara Eropa antar negara dan belum Top skor pemain tersubur liga klub Eropa dan harus dibuktikan pada kompetisi liga klub Eropa dan EURO 2016 tahun ini.
Cristiano Ronaldo sudah membuktikan top skor liga Inggris dan Liga Spanyol dan Portugal serta juara antar klub, Top skor antar Klub, dan terpilih berulangkali sebagai peraih sepatu emas, belum sebagai terbaik karena belum juara dunia antar Negara, juara antar Negara Eropa, belum pernah top skor piala Eropa dan piala Dunia.
Zlatan Ibrahimovic, telah membuktikan kualitas sebagai top skor berbagai kompetisi liga ketat di Belanda, Italia, dan Prancis dan sekarang mencoba menjajal kemampuan di liga Inggris, prestasi yang membanggakan baginya adalah sebagai top skor liga diberbagai Negara, membawa klub juar liga di tiga Negara berbeda, prestasi yang belum adalah membawa Tim Swedia juara Eropa dan Piala Dunia maupun juara antar klub dan Top Skor antara kejuaraan Antar Negara Eropa dan Dunia.
Lionel Messi, Juara Klub dan top skor pada satu liga hampir seumur hidupnya bersama satu Klub yang membesarkannya sekarang, juara antar Klub dunia, Juara antar Klub Liga Eropa, Top Skor Liga antar Klub Eropa, Juara yang belum dipersembahkan untuk prestasinya adalah belum pernah Top Skor Piala Copa America, Belum Pernah Top Skor Piala Dunia, Belum pernah Juara antar Negara Piala Dunia, hingga tulisan ini di buat (22-6) belum pernah juara Copa Amerika antara negara.
Jadi, siapa yang terbaik? kenapa orang menyebut CR7 dan Lionel Messi pemain terbaik decade ini? Jika mereka belum pernah juara antara Negara yang dianggap paling bergensi dibandingkan hanya sebatas untuk diri sendiri?
Terserah pilihan anda, saya hanya ingin ada perbandingan prestasi dan yang membuat sebagian penasaran adalah kapan Lionel Messi membuktikan dia bisa juara di klub lain dan mampu sebagai Top Skor seperti dilakukan CR7 dan Zlatan Ibrahimovic atau tingkat lebih rendah lagi seperti yang telah dilakukan tim rekan klubnya yaitu Luis Suare. Si gigi kelinci ini mampu top skor di liga Belanda dan Inggris dan Spanyol dengan mengantarkan klubnya ada yang juara liga.
Berita akan melihat Lionel Messi berbaju klub lain selain Barcalona FC rasanya sangat lama dan mungkin saya tidak akan pernah melihatnya karena jarak umur saya dengan dia nyaris beda dua dasawarsa.
Jadi, mari kita menunggu berita beberapa pemain yang kini berlaga di Copa Amerika dan EUFA Euro 2016 untuk menambah koleksi gelar prestasi bagi diri dan negaranya. Mari begadang lagi sampai suntuk. Ole... Ole... gol.. gooooolllll.

No comments:

Post a Comment

Related Posts :